MENU

SIKK Bagikan Rapot PTS Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 Secara Daring

SIKK Bagikan Rapot PTS Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 Secara Daring

Kegiatan pembelajaran di semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 diwarnai oleh merebaknya pandemi Covid-19 yang mewabah dunia, termasuk di Kota Kinabalu, Sabah-Malaysia.

Pandemi covid-19 menuntut sekolah untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, termasuk pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS).

Pelaksanaan PTS telah terlaksana dari tanggal 21 September s.d 2 Oktober 2020, kemudian dilanjutkan dengan remedial dan penginputan nilai rapot. Langkah-langkah persiapan pembagian rapot daring yaitu guru menginput nilai harian dan nilai hasil PTS ke Aplikasi Rapot Daring menggunakan spredsheet untuk jenjang SD, SMA, dan SMK kemudian aplikasi e-rapot untuk jenjang SMP. Walikelas memantau perkembangan input nilai dari guru mata pelajaran. Wali kelas didampingi tim operator dan kurikulum untuk mencetak rapot menjadi pdf, lalu membagikannya kepada orang tua yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2020.

Beberapa cacatan informasi penting yang perlu disampaikan kepada Orangtua/Wali peserta didik dalam acara penerimaan Laporan Hasil Belajar PTS Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021, sebagai berikut:

 

  1. Laporan hasil belajar yang diperoleh dapat dijadikan bahan evaluasi bagi orang tua dan putra/putrinya agar dapat meningkatkan kembali prestasi akademik ditengah pembelajaran yang masih belum normal ini pada kelas/jenjang selanjutnya. Bagi siswa yang nilainya belum tuntas agar menghubungi guru mata pelajarannya agar dapat diperbaiki sehingga penerimaan rapot pada akhir semester sudah tuntas di atas KKM semua.

 

  1. Rapot PTS dapat diambil dan ditandatangani orang tua atau wali murid setelah sekolah dibuka untuk semua jenjang. Informasi pembukaan sekolah akan disampaikan kembali mengikuti arahan dari kementerian terkait.

 

  1. Kegiatan belajar mengajar di SIKK kembali dilaksanakan secara Daring/Online sesuai arahan bahwa sekolah harus tutup selama dua minggu ini. Untuk itu pihak sekolah memerlukan dukungan serta pemantauan secara aktif dari Bapak/Ibu orang tua agar putra-putrinya dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran daring/online tersebut dengan baik.

 

  1. Orang Tua/Wali murid dimohon meningkatkan keaktifan dalam grup kelas serta selalu berkoordinasi dengan wali kelasnya, terutama memantau tugas dan aktivitas belajar yang diberikan oleh guru selama pembelajaran online.

 

  1. Pihak sekolah mengucapkan selamat kepada siswa-siswi SIKK kelas XII yang diterima di Perguruan Tinggi di Indonesia, yaitu sekitar 76% masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Semoga menjadi motivasi bagi siswa lainnya agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi nantinya.

 

  1. Seluruh orang tua dan peserta didik selama di rumah agar:
  1. Menghindari kontak fisik dengan orang yang mengalami sakit.
  2. Menghindari tempat umum/ keramaian/ ruang publik apabila tidak ada kepentingan mendesak.
  3. Menjaga kesehatan dengan membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
  4. Bagi peserta didik dan orang tua yang mengalami sakit dengan gejala demam, batuk, pilek/ flu/ salesma, sakit tenggorokan, sesak nafas agar segera memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit terdekat.

 

KOMENTAR