MENU

Selamat, SIKK Raih Peringkat Ketiga Video STEM Terbaik Jenjang SMA pada Ajang KIHAJAR STEM

Selamat, SIKK Raih Peringkat Ketiga Video STEM Terbaik Jenjang SMA pada Ajang KIHAJAR STEM

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) adalah Mereka pelajar yang telah turut serta dalam “Kita Harus Belajar” untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Generasi yang dikenal sebagai generasi "Digital Native" yaitu generasi yang dimana mereka yang sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan Internet. Terwujud dalam pelaksanaan KIHAJAR STEM 2020, GEN KIHAJAR wajib membuat karya video berbasis STEM dan menyelesaikan soal akademis menggunakan aplikasi secara daring. Dengan komposisi penilaian 60 % kompetensi akademik dan 40% karya video STEM.

 

Seluruh peserta terbaik ini merupakan hasil dari 64.555 pelajar yang mendaftar pada tanggal 09 Agustus 2020 lalu. Salah satunya adalah Syahla Intan Kemala yang merupakan satu-satunya perwakilan SILN jenjang SMA dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang masuk ke babak Final. Hal ini membuktikan bahwa siswa SILN juga memiliki konsistensi, daya juang, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, berwawasan global dan berakhlak mulia sebagai bentuk pelajar Pancasila. Perjuangan luar biasa yang telah dilalui sejak mengikuti pelaksanaan KIHAJAR STEM pada tanggal 09 Agustus 2020 lalu, hingga terakhir di 04 Oktober 2020.

 

Hal yang paling mendebarkan adalah menyaksikan pengumuman video STEM terbaik dari 276 video STEM karya GEN KIHAJAR yang diunggah melalui YouTube. Berdasarkan keputusan dewan juri yang melibatkan praktisi STEM, Ahli materi, Profesional dan Pengembang Teknologi Pembelajaran memutuskan 5 (lima) video STEM terbaik untuk jenjang SMA. Pada pengumuman hasil lomba tanggal 12 Oktober 2020, ternyata peringkat ke-3 video STEM terbaik jenjang SMA jatuh pada sekolah Indonesia Kota Kinabalu karya Ananda Syahla Intan Kemala yang merupakan siswa kelas XI MIA.

 

Hasil dalam bidang akademik tersebut tidak lepas dari staf kesiswaan bidang prestasi serta bimbingan guru mata pelajaran. Seusai menyaksikan pengumuman hasil lomba KIHAJAR STEM tersebut, kepala sekolah, Bapak  Dadang Hermawan mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada semua pihak yang terlibat, khususnya guru pembimbing STEM yaitu : Nayudin Hanif, S.Pd.,Gr.; Saeful Hikmat Nugraha, S.Pd.,Gr.; Endang Sari P. Nababan, S.Pd.,Gr.; Siti Fatimah, S.Pd.,Gr.; Hildayanti, S.Pd.,Gr.; Asep Fey Faizan, S.Pd.,Gr.; Masayuki Nugroho, S.Pd.,Gr.; Harliati Putri Pertiwi, S.Pd.,Gr.; Rangga Bhakti Iskandar, S.Pd.,Gr. dan Frangky Kurniawan, S.Pd.

 

Kepala sekolah berharap, tahu depan perlu dipersiapkan kembali dari awal untuk semua jenjang yaitu SD, SMP, SMA, dan SMK. Pembinaan yang bersifat teoritis maupun praktik yang akan diterapkan perlu disusun dari aspek perencanaan agar lebih matang dan terukur.

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR