MENU

In-country Course on Joyful Learning for Primary School Teachers dan In-country Course on STEM for Mathematics Learning fro Junior High School Mathematics

In-country Course on Joyful Learning for Primary School Teachers dan In-country Course on STEM for Mathematics Learning fro Junior High School Mathematics

Senin,9 November 2020. 100 Guru dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dan Guru Community Learning Centre (CLC) se-Sabah dan Sarawak mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi mutu yang bertajuk In-country Course on Joyful Learning for Primary School Teachers dan In-country Course on STEM for Mathematics Learning fro Junior High School Mathematics (online). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) Regional Centre for QITEP (Quality Improvement for Teachers and Education Personnel) in Mathematics (untuk selanjutnya disebut SEAQiM) dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

Selain sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan, kegiatan In-country Course ini  diharapkan mampu menguatkan kompetensi guru yang pada akhirnya bisa mendukung perluasan akses pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di Sabah dan Sarawak Malaysia, serta negara-negara lainnya. Tema pelatihan Joyful Learning in Mathematics Education ditujukan bagi guru SD, sedangkan guru matematika SMP dalam pelatihan ini akan mendalapmi tema seputar STEM for Mathematics Learning. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah adalah untuk meningkatkan wawasan guru tentang pembelajaran matematika yang bermakna dan menyenangkan bagi guru SD, serta pendekatan pembelajaran STEM bagi guru matematika SMP.

Kegiatan yang dilaksanakan secara pararel untuk SD dan SMP pada tanggal 9 - 14 November 2020 ini setiap harinya dimulai pukul 09.00 - 17.00 waktu Sabah dan diikuti oleh yang berasal dari 9 SILN (Sekolah Indonesia Jedah, Sekolah Indonesia Johor Bahru, Sekolah Indonesia Davao, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Den Hag, dan Sekolah Indonesia Bangkok), 45 CLC induk, dan 115 CLC SD yang dikelompokkan yang tersebar dalam 50 guru SD dan 50 guru SMP dari Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan rincian sebagai berikut. Peserta SD sebanyak 50 orang, terdiri dari 8 orang dari SILN, 10 orang dari SIKK, 32 orang dari CLC. Peserta SMP sebanyak 50 orang, terdiri dari 18 orang dari SILN, 5 orang dari SIKK, 27 orang dari CLC.

Dalam acara pembukaan melalui video confrence menggunakan platform Zoom Cloud Meeting pada Senin, 9 November 2020, kegiatan dimulai dengan laporan dari Kepala SIKK selaku penyelenggara yaitu Dadang Hermawan, M.Ed. yang mewakili seluruh Kepala Sekolah di 9 SILN. Dalam laporannya beliau menuturkan tujuan kegiatan ini antara lain meningkatkan pelayanan pendidikan dan dapat mendiseminasikan pembelajaran matematika. Kegiatan ini disambut oleh Bapak Dr. Sumardyono selaku Direktur SEAQiM, Bapak Mokh. Farid Ma’ruf, Ph.D. selaku Atase Pendidikan Kebudayaan Kuala Lumpur yang mewakili Atase Pendidikan di 9 SILN. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Kerja Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Evy Mulyani, Ak., M.B.A., Ph.D. Kami mengapresiasi SEAQiM, Atikbud KBRI KL dan Kepala Sekolah yang senantiasa aktif dalam meningkatkan kompetensi guru di Sabah dan Sarawak.

Pada kesempatan ini Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokh. Farid Ma’ruf, Ph.D., mendukung agar pembelajaran dapat secara aktif dan kreatif oleh guru-guru. Selanjtuknya agar para pengajar SEAQiM dapat membimbing guru-guru dalam menyusun modul yang mengantar siswa dalam pembelajaran

Hadir juga dalam kegiatan yaitu Pelaksana fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu Debbi Oktarossa, pelaksana fungsi Pensosbud KJRI Kuching Hasani Edelin, pelaksana fungsi KRI Tawau Emir Faisal, Koordinator Penghubung (KP) Wilayah Kerja Kota Kinabalu Nasrullah Ali Fauzi, M.Phil., KP wilayah kerja Sarawak Lucky Fathria Jatnika, S.H., dan Gaguk Dwi Saputro, S.Pd., KP wilayah kerja Tawau Riky Riksmansyah, S.Pd., KP wilayah kerja Sandakan dan Kinabatangan 1 Arif Purnawan, S.Pd., serta KP wilayah kerja Lahad Datu dan Kinabatangan (2,3) Miraj, M.Pd.

Teknis pelaksanaan yang dilakukan secara daring ini menyajikan narasumber dari SEAQiM diantaranya Miftahul Hidayah, M. Ed., Uki Rahmawati, M.Pd., Wisnuningtyas Wirani, M.Sc., Dr. Farida Nurhasanah Ummy Salmah, M.Pd., M.Sc., dan I G.A. Russasmita Sri Padmi, M.Sc. (Litbang SIKK)

KOMENTAR