MENU

Penutupan dan Pengumuman Juara APKRES 2020

Penutupan dan Pengumuman Juara APKRES 2020

Kota Kinabalu – Penutupan sekaligus penganugerahan Apresiasi dan Kreasi (APKRES) bidang Akademik, Olahraga, Seni dan Keterampilan jenjang CLC SMP se-Sabah tahun 2020 telah selesai dilaksanakan. APKRES tahun 2020 sendiri secara resmi ditutup secara virtual oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu, Bapak Krishna Djelani setelah sebelumnya didahului laporan Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Bapak Dadang Hermawan, M.Ed. selaku ketua panitia dan dilanjutkan sambutan oleh Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Bapak M. Farid Ma’ruf, Ph.D  

Bapak Dadang melaporkan APKRES tahun 2020 berjalan lancar dari awal persiapan, proses latihan dan pembuatan karya, penilaian oleh tim pembahas, sampai dengan penutupan dan pengumuman penerima penghargaan APKRES tahun 2020. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih terhadap panitia yang siang malam tak kenal lelah mempersiapkan APKRES tahun 2020 agar tetap menakjubkan. Selanjutnya beliau mengapresiasi profesioanalitas tim pembahas yang sampai 9 jam menilai karya para peserta APKRES tahun 2020. Di akahir laporannya, Pak Dadang menyampaikan uacapan terima kasih atas kehadiran 12 perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri.

Sementara Bapak Farid selaku Atdikbud KBRI Kuala Lumpur menyampaikan terima kasih kepada Direktorat SMP atas segala dukungan dana dan perhatian, Konjen RI Kota Kinabalu yang selalu memprioritaskan pendidikan anak-anak dengan baik. Beliau juga mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia, tim pembahas, dan seluruh pihak yang terlibat dalam APKRES tahun 2020. Tak lupa beliau juga memyampaikan ucapan selamat untuk anak-anak yang berprestasi dan juga kepada bapak/ibu guru pembimbing. Semua berkat kerja keras dan bimbingan bapak/ibu guru pembimbing anak-anak bisa berprestasi. Beliau menabmbahkan untuk yang belum menjadi juara, semua ini bukan hanya tentang lomba, tapi ini adalah tentang proses menunjukkan hasil latihan dan kerja keras. Semua adalah juara. Semua sudah menunjukkan potensinya yang mana masih bisa dikembangkan kedepannya dengan lebih maksimal di waktu dan dengan audiens yang lebih banyak. Beliau menutup sambutannya dengan menyampaikan harapan semoga APKRES memberikan pengalaman berharga untuk semua dan tetap sehat selalu.

 Sementara itu, dalam sambutannya sekaligus menutup acara APKRES tahun 2020 secara resmi, Bapak Krishna Djelani menyampaikan selamat kepada anak-anak yang sudah berhasil menjadi pemenang. Beliau berpesan untuk yang berhasil menang janganlah berpuas diri tetapi hasrus terus meningkatkan kemampuannya. Selain itu, kepada mereka yang belum beruntung juga diberikan motivasi oleh Pak Krishna untuk janganlah berputus asa karena semua adalah juara karena sudah berhasil menampilkan kemahirannnya. InsyaaAllah di APKRES tahun 2021, bagi yang belum beruntung bisa meningkatkan prestasinya lagi. Ucapan terima kasih beliau sampaikan kepada Direktorat SMP dan Atdikbud Kuala Lumpur atas dukungan kepada Pendidikan anak-anak di Sabah. Ucapan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah bekerja keras mendidik anak-anak sehingga dapat menampilkan karyanya yang luar biasa. Ucapan terima kasih kepada tim pembahas yang telah meluangkan waktu dan penilain yang professional. Selain itu, belia juga mengucapkan selamat kepada SIKK khususnya kepada siswa siswi yang telah berhasil meraih medali emas di Youth Performing Art Championship Asia Pasific (YPAC). Prestasi yang sangat luar biasa karena YPAC diikuti oleh banyak negara tetapi SIKK tetap sukses mearaih medali emas melalui usaha dan jerih payah guru-guru pembimbing serta siswanya yang sudah mengharunkam nama Indonesia. Beliau mengakhiri sambutannya sekaligus menutup APKRES secara resmi. Sampai jumpa diacara APKRES tahun 2021 dan tetap menjaga kesehatan.

 Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Penghargaan 14 kategori oleh Bapak Aksar, S.Pd., Gr. selaku wakil ketua panitia. Selain itu juga ditampilkan beberapa video dari beberapa kategori seperti storytelling,  menyanyi solo, dan menari berpasangan.

Rangkaian acara Penutupan dan Penganugerahan APKRES tahun 2020  dilanjutkan dengan Penganugerahan Umum Terbaik APKRES tahun 2020 oleh Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Bapak Dadang Hermawan M.Ed. Tahun ini penghargaan umum terbaik pertama disabet oleh Community Learning Center (CLC) SMPT Kota Kinabalu dengan 4 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Penghargaan umum terbaik kedua dianugerahkan kepada CLC SMPT Luang Manis dengan 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sementara itu untuk penghargaan umum terbaik ketiga dengan 2 emas dan 1 perunggu diraih oleh CLC SMPT Syarimo.

Sebelum acara penutupan dan penganugerahan selesai, ada interaktif dengan perwakilan penerima penghargaan umum terbaik. Ananda Lalu Andrian Syahputra dengan bimbingan Ibu Irma Suryani Lubis mewakili CLC SMPT Kota Kinabalu menyampaikan kebahagiaannya karena berhasil meraih juara 2 kategori Storytelling. Selain Ananda Lalu yang berhasil meraih juara, Ibu Irma selaku pembimbing juga berhasil menjadi guru berprestasi dengan  menjuarai event INOBEL (Inovasi Belajar) tahun 2020. Ibu Irma menyampaikan bahwa kunci kesuksesan adalah kedisiplinan.

Acara penutupan dan penganugerahan kategori APKRES tahun 2020 telah usai dengan ditutup doa dipimpin oleh Bapak Hastomo. Namun tidak akan pernah usai usaha Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, dan KJRI Kota Kinabalu dalam mencerdaskan mutiara-mutiara Indonesia di Negeri Sabah ini. Selagi langit masih biru dan mendung tetap kelabu, kehadiran APKRES tahun 2021 akan selalu mereka tunggu.

KOMENTAR