MENU

Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus KKG/MGMP/MGBK se- Sabah dan Sarawak

Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus KKG/MGMP/MGBK se- Sabah dan Sarawak

Kota Kinabalu- Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) sebagai sekolah induk di Sabah-Sarawak Malaysia membawahi 115 CLC SD dan 45 CLC SMP dengan jumlah siswa 20.742 per Desember 2020 dan memiliki Guru Bina dan Guru pamong yang tersebar di ladang ladang sawit Sabah dan Sarawak dengan total guru 678 memberikan pelayanan pembentukan KKG, MGMP, dan MGBK. Terdapat 11 Komunitas se-Sabah dan Sarawak yaitu KKG, AGAMA, PPKn, Bahasa, MTK, IPA, IPS, PJOK, SBK, TIK, MGBK dengan jumlah pengurus dan anggota sebanyak 337 orang.

Pelantikan pengurus KKG, MGMP, dan MGBK secara resmi dilantik oleh Atase KBRI Kuala Lumpur Mokhamad Farid Ma’ruf, Ph.D.
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokhamad Farid Maruf, Ph.d. melantik pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawara Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawara Guru Bimbingan Konseling (MGBK) guru Indonesia Se-Sabah dan Sarawak secara virtual, Rabu (10/03/2021). KKG, MGMP, dan MGBK Sabah Sarawak ini adalah salah satu kegiatan yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan keprofesionalan agar memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan perkembangan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.

Sambutan dari Kepala Sekolah SIKK Dadang Hermawan, M.Ed. menyampaikan harapan dengan pengesahan dan terbentuk KKG, MGMP, dan MGBK Sabah Sarawak dapat mengatasi permasalahan dalam mengajar melihat keterbatasan jumlah guru di Sabah-Sarawak. Selanjutnya juga meningkatkan interaksi para guru Sabah Sarawak dalam meningkatkan kompetensi mengajar masa pandemik.  

Acara selanjutnya, pembacaan SK oleh Kepala Litbang SIKK Rangga Bhakty Iskandar, S.Pd., Gr.. Setelah pembacaan SK acara dilanjutkan dengan pelantikan yang dibimbing langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokhamad Farid Maruf, Ph.D., dan Ibu Gustin sebagai perwakilan dari salah satu peserta.
Sambutan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokhamad Farid Maruf, Ph.D. menegaskan dengan terbentuknya sebuah wadah Kelompok Kerja Guru untuk Guru Sekolah Dasar, MGMP untuk Guru Sekolah Menengah dan MGBK untuk Guru Bimbingan Konseling, guru di Sabah - Sarawak dapat meningkatkan kemampuan mutu pendidikan dalam proses kegiatan pembelajaran dan evaluasi di dalam kelas bukan hanya meningkatkan ilmunya tetapi karakter dan sikapnya juga.

Selanjutnya Atase menambahkan Kegiatan pengembangan diri meliputi: Diklat Fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Kedua, Kegiatan Kolektif guru merupakan kegiatan pertemuan ilmiah atau mengikuti kegiatan bersama yang dilakukan guru baik di sekolah maupun di luar sekolah (KKG/MGMP/MGBK) se-Sabah dan Sarawak dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Harapan terbesar guru-guru bukan hanya terkungkung dalam mata pelajarannya tapi juga mengembangkan ilmu lain. Terakhir, guru-guru juga dapat membuat pengajaran menarik sehingga anak-anak tertarik dan rindu dalam pembelajaran.

Dalam pelantikan ini dihadiri oleh Atase KBRI Kuala Lumpur Mokhamad Farid Maruf, Ph.D., Koordinator Penghubung (KP) Wilayah Kerja Kota Kinabalu Nasrullah Ali Fauzi, M.Phil., KP wilayah kerja Sarawak Lucky Fathria Jatnika, S.H., dan Gaguk Dwi Saputro, S.Pd., KP wilayah kerja Tawau Riky Riksmansyah, S.Pd., KP wilayah kerja Sandakan dan Kinabatangan 1 Arif Purnawan, S.Pd., serta KP wilayah kerja Lahad Datu dan Kinabatangan (2,3) Miraj, M.Pd. (Litbang SIKK)

KOMENTAR