MENU

SMK SIKK Selenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

SMK SIKK Selenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) telah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian perhotelan dan tata boga pada tanggal 05 s.d. 09 April 2021 di Hotel Grand Borneo dan SIKK. Kegiatan ini terlaksana melalui kerja sama SIKK dengan Hotel Grand Borneo serta Asosiasi Profesi Borneo Culinary Association (BCA) yang diikuti oleh 28 peserta didik kelas 12 perhotelan dan 19 peserta didik kelas 12 tata boga.

Selain mengukur kemampuan peserta didik yang akan menyelesaikan pendidikannya, UKK ini bertujuan mengoptimalkan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada keperluan dunia industri.

UKK dilaksanakan 2 (dua) sesi dengan penerapan SOP dan Protokol Kesehatan. Sesi pertama pada tanggal 5 – 6 April di Hotel Borneo untuk Paket Ujian kompetensi Keahlian Perhotelan yaitu paket 3, dengan judul tugas Front Office (KKNI level II Kompetensi Perhotelan) dan Food and Beverage dan sesi ke-2 tanggal 7 – 9 April 2021 dengan Paket 2 dengan soal Ujian kompetensi Keahlian Tata Boga dengan Judul Pembuatan Makanan Indonesia (KKNI level II Kompetensi Tata Boga).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu Krishna Djelani pada Senin, 5 April 2021 di Hotel Grand Borneo Kota Kinabalu. Krishna Djelani menyampaikan selamat dan sukses untuk peserta didik yang melaksanakan UKK serta memberikan apresiasi kepada mitra SIKK khususnya Grand Borneo Hotel dan Borneo Culinary Association yang bersedia bekerja sama dengan SIKK melaksanakan UKK di tengah pandemi Covid-19. Krishna juga berharap kesediaan mitra SIKK yaitu Layang-Layang Aerospace Sdn. Bhd., untuk dapat memfasilitasi pada penyelenggaraan UKK SMK TPU (Teknologi Pesawat Udara) di tahun yang akan datang.

Kepala SIKK Dadang Hermawan pada kesempatan yang sama menyampaikan harapannya agar UKK dapat berjalan dengan baik tentunya dengan penerapan SOP protokol kesehatan yang berlaku. Dalam sambutannya juga Dadang menyampaikan bahwa hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan SMK SIKK. Adapun bagi stakeholders, dapat dijadikan sebagai sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki peserta didik SMK SIKK.

Penutupan UKK

Setelah seluruh rangkaian kegiatan UKK SMK di Hotel Grand Borneo dan SIKK selesai dilaksanakan, Jumat 9 April 2021 UKK resmi ditutup oleh Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu Debbi Oktarossa. Bertempat di SIKK Debbi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh mitra dunia industri dan guru pengajar karena seluruh pelajaran yang diberikan kepada para peserta didik ini akan menjadi bekal untuk masa yang akan datang. Besar harapan setelah mendapatkan sertifikat keahlian, peserta didik dapat terjun langsung ke dunia kerja.

Pada kesempatan lain, perwakilan asesor atau tim penguji Nazrie bin Izmail mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan UKK.

Hal yang sama, disampaikan kepala SIKK Dadang Hermawan dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih kepada KJRI Kota Kinabalu, Asosiasi Profesi Borneo Culinary Association asosiasi, Hotel Grand Borneo, dan seluruh mitra yang selalu mendukung dalam berlangsungnya kegiatan UKK dengan harapan bisa menjalin kerja sama yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Kegiatan selanjutnya, pemberian sertifikat penghargaan oleh Debbi Oktarossa kepada tim penguji Nazrie bin Ismail dan Chandra Maya Padamlal secara simbolis dilanjutkan dengan pemberiaan penghargaan Erma dan Nur Syafina sebagai perwakilan siswa perhotelan. Akhir kegiatan ditutup dengan doa dan foto bersama.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan UKK Chandra Maya Padamial, Puan Arbaina Binti Nurdin asesor dari Grand Borneo Hotel, Moh. Yazeed Yahya dan Husin Bin Hassan asesor dari BCA, perwakilan Layang-Layang Aerospace Sdn Bhd, perwakilan hotel mitra SIKK, perwakilan Mas Wings serta perwakilan pemilik usaha kuliner Indonesia di Kota Kinabalu serta tamu undangan lainnya.

KOMENTAR