MENU

Selamat, Tim STEM SIKK Raih Gold Medal dalam Ajang MYSCE

Selamat, Tim STEM SIKK Raih Gold Medal dalam Ajang MYSCE

MYSO (Malaysia Young Scientists Organisation) merupakan penyelenggara MYSCE (Malaysia International Young Scientists Conference & Exhibition) tahun 2021 yang terselenggara untuk kedua kalinya di tingkat internasional. MYSO telah berhasil menyelenggarakan banyak kompetisi internasional dan seminar di bidang pendidikan STEM sebelumnya. Conference & Exhibition ini telah mengumpulkan banyak peserta baik tingkat nasional (Malaysia) dan internasional untuk bersaing sekaligus bertukar pikiran dalam bidang ilmu pengetahuan terkait. MYSCE adalah kompetisi untuk inovasi dan kreativitas bidang Ilmu Hayati, Ilmu Lingkungan, Ilmu Komputer, Robotika, Matematika, Sosial Sains, Fisika atau Teknik dan Teknologi Pangan di kalangan siswa muda yang dilakukan secara online/daring.

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) mencoba untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut dengan mengirimkan satu tim STEM dari jenjang SMA yang beranggotakan Syahla Intan Kemala, Muhammad Revandi Arnanto, Fauzan Hafiz, Arwin Agus, Azrina Aleeya Antasha. Sejak awal bulan Maret 2021, ketika sekolah sudah memulai pembelajaran tatap muka, tim tersebut didaftarkan dan dibimbing. Tahapan pembinaan dilakukan dimulai dari tahap persiapan eksperimen, latihan presentasi menggunakan Bahasa Inggris, pembuatan abstrak/ executive summary dalam Bahasa Inggris, pengambilan video dan tahap editing.

Seluruh peserta kompetsisi ini merupakan siswa dari jenjang SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang berasal dari empat negara yaitu Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Oleh karena itu, para pembina betul-betul menyiapkan kompetisi ini dengan baik. Hal ini merupakan pengalaman pertama mengikuti lomba dibidang Sains pada tingkat Internasional. Dengan kemampuan tim STEM yang memiliki konsistensi, daya juang, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, dan berwawasan global akhirnya dapat terlaksana dengan baik.

Hal yang paling mendebarkan adalah menyaksikan pengumuman AWARDING MYSCE 2021 yang diunggah melalui YouTube pada tanggal 23 April 2021. Berdasarkan keputusan dewan juri yang diumumkan pada jam 15.00 MYT tersebut, akhirnya tim SIKK memperoleh Gold Medal untuk kategori Environmental Sciences/ Ilmu Lingkungan.

Hasil dalam bidang akademik tersebut tidak lepas dari dukungan kepala program bidang prestasi serta bimbingan guru mata pelajaran. Seusai menyaksikan pengumuman hasil lomba MYSCE 2021 tersebut, kepala sekolah, Bapak  Dadang Hermawan mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada semua pihak yang terlibat, khususnya guru pembimbing STEM yaitu : Nayudin Hanif, S.Pd.,Gr.; Syaeful Hikmat Nugraha, S.Pd.,Gr.; Endang Sari P. Nababan, S.Pd.,Gr.; dan Ahmad Arif Febrianto, S.Pd.,Gr.

Kepala sekolah berharap, tahu depan perlu dipersiapkan kembali dari awal untuk semua jenjang yaitu SD, SMP, SMA, dan SMK. Pembinaan yang bersifat teoritis maupun praktik yang akan diterapkan perlu disusun dari aspek perencanaan agar lebih matang dan terukur.

KOMENTAR