MENU

Tahun Kedua SMK SIKK Melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian

Tahun Kedua SMK SIKK Melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian

Kota Kinabalu, 24 Maret 2022- Rangkaian kegiatan ujian kompetensi kelulusan Sekolah Menengah Kejuaruan SIKK telah selesai pada tanggal 25 Maret 2022. Kegiatan ini terlaksana dari tanggal 16-24 Maret 2022.

Sesuai dengan visi SIKK yaitu Menjadi pusat layanan pendidikan terintegrasi yang unggul dan berakhlak mulia. Kegiatan UKK SMK merupakan salah satu program kerja demi mewujudkan visi SIKK tersbut. Kegiatan UKK bertujuan untuk meluluskan peserta didik vokasi yang kompeten.

Pada tahun sebelumnya SMK SIKK telah meluluskan peserta didik kompetensi keahlian Perhotelan sejumlah 28 peserta didik dan kompetensi keahlian Tata Boga sejumlah 18 peserta didik. Lulusan SMK SIKK tersebut beberapa melanjutkan Pendidikan di perguruan tinggi dan sebagian bekerja.

Salah satu syarat kelulusan peserta didik SMK SIKK adalah telah menyelesaikan program Praktik kerja Lapangan (PKL) dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang melibatkan kerja sama dengan pihak Mitra Dunia Usaha, Dunia Industri, Dunia Kerja (Dudika).

Peserta UKK pada tahun ini berjumlah 50 siswa yang terbagi menjadi tiga jurusan yaitu, Tata Boga sebanyak 19 siswa, Perhotelan sebanyak 12 orang, dan Teknologi Pesawat Udara sebanyak 19 siswa.  Kegiatan UKK dimulai pada tanggal 16-17 maret di Layang-layang aerospace Sdn. Bhd. yang diikuti oleh siswa jurusan Teknologi Pesawat Udara sebanyak 19 siswa. Pada kesempatan ini dibagi menjadi dua sesi tes yakni sesi ujian aircraft battery servicing dan sesi ujian remove and install aircraft propeller. “Saya sering overthinking terkait hal hal yang sepele, seperti kapasitas waktu yang diberikan apakah cukup atau tidak, apakah yang saya lakukan sudah benar atau belum, dan takut kalau ada yang salah selama menjalankan UKK ini. Tapi pada nyatanya, hal yang saya takutkan itu kerap tidak terjadi, hal tersebut hanyalah mainan dari dalam pikiran saya dan saya berhasil mengalahkan pikiran negatif tersebut,” Ucap Alfian Sufilza salah satu peserta UKK Jurusan Teknologi Pesawat Udara.

Acara pembukaan dilaksanakan di Hotel Holiday Inn Express yang dihadiri langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia Bapak Rafail Walangitang, Pensosbud KJRI Kota Kinabalu Ibu Debbi Oktarossa, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Bapak Dadang Hermawan serta perwakilan 11 mitra dudika SIKK yaitu  Dreamtel Hotel, Gaya Hotel, Sabah Oriental Hotel , Promenade Hotel, Holiday Inn Express, Hillton Hotel, Borneo Culinaire Association, Raya Air, Layang Layang Aerospace Sdn. Bhd., MAS Wings, dan Institut Latihan Perindustrian (ILP) Kota Kinabalu. Pada kesempatan ini Bapak Rafail Walangitan mengucapkan ucapan banyak terima kasih kepada Mitra dudika atas kerjasama dan perhatian yang tulus kepada para siswa SMK yang telah melakaksanakan Praktek Kerja Lapangan di tempat masing-masing, semoga ilmu yang diberikan kepada siswa SMK SIKK dapat menjadi pahala dan ilmu yang bermanfaat agar kelak para siswa dapat meraih cita-cita yang diinginkan. Pada kesempatan ini pula, Bapak Rafail Walangitan membuka secara resmi pembukaan pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian secara resmi.

Setelah acara pembukaan dilaksanakan, UKK dilanjutkan pada Jurusan Perhotelan di tempat yang sama yakni ujian tentang F&B (Food and Beverage) yang diuji langsung oleh penguji external dari mitra dudika, pada tes yang kedua yakni House Keeping dilaksanakan pada esok harinya di tempat yang berbeda yakni Hotel Hillton. “Salah satu kendala yang dihadapi pada saat ujian jurusan perhotelan adalah perasaan grogi yang tidak bisa terkawal sehingga boleh menyebabkan saya lupa apa yang sudah saya pelajari selama di sekolah dan lebih menantang lagi adalah karena apa yang kami praktikkan di sekolah sedikit berbeda daripada di hotel dan peralatan yang digunakan saat UKK lebih berbeda di banding di sekolah,” ucap  Vivian Andra salah satu peserta UKK Jurusan Perhotelan.

Berbeda dengan Jurusan Tata Boga, pelaksanaan UKK jurusan tersebut berada di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada tanggal 23-24 Maret 2022, ujian dibagi  menjadi dua kategori yakni ujian memasak makanan indonesia dan memasak pastry and bakery. Peserta UKK Jurusan Tata Boga dibagi juga menjadi 2 kelompok untuk memasak kedua jenis masakan tersebut. Ada yang ujian pada hari pertama dan ada yang ujian pada hari kedua yang dirangkaikan dengan acara penutupan kegiatan ujian kompetensi kelulusan. Setelah acara penilaian UKK Jurusan Tata Boga, acara dilanjutkan dengan penutupan UKK yang dihadiri langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia Bapak Rafail Walangitan yang didampingi oleh Ibu Konjen, Pensosbud KJRI Kota Kinabalu Ibu Debbi Oktarossa, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Bapak Dadang Hermawan, serta para tamu mitra Dudika.

Pada Sambutan penutupan UKK Konsul Jendral Kota Kinabalu menyampaikan “semoga apa yang telah dilakukan SIKK dengan mitra Dudika semakin  ditingkatkan dan dikembangkan  agar semakin luas menyentuh segala kelompok usaha dan dunia kerja, sehingga kesempatan yang didapatkan siswa SIKK semakin luas, saya juga bangga mendengar ada 10 siswa UKK akan melaksanakan magang di hotel yang ada di Malaka, ini salah satu terobosan terbaik dan insya Allah akan terus kita kembangkan dengan mitra kerja Dudika bukan hanya di Malaka tetapi beberapa negara yang lain yang bisa memberikan kesempatan kepada para siswa SMK untuk meneruskan penerapan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan.”

Setelah memberikan sambutan, tak lupa Bapak Konjen Kota Kinabalu menutup kegiatan UKK secara resmi di depan para undangan dan peserta UKK.

KOMENTAR