MENU

Selamat, Tim Technopreuner SIKK Raih Gold Award dalam Ajang I-RIA 2022

Selamat, Tim Technopreuner SIKK Raih Gold Award dalam Ajang I-RIA 2022

Universiti Utara Malaysia (UUM) merupakan penyelenggara I-RIA (Innovative Research, Invention and Application Exhibition) untuk ketujuh kalinya pada tahun 2022. UUM telah berhasil menyelenggarakan kompetisi internasional bersama mitranya Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) yang berhasil memamerkan 158 produk karya peserta mulai dari berasal dari Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah hingga Sekolah Dasar. Melalui tema “Humanizing Today's Technology for Resilient Future”, I-RIA 2022 memiliki tujuan untuk mengolaborasikan para inovator dalam panggung kreativitasnya menuju solusi yang lebih baik.

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) mencoba untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut dengan mengirimkan satu tim robotik dari jenjang SMA-SMK yang beranggotakan Stevan Pacoran, Jowie Jonatan Babo, Kelvin Yuliam, dan Quetrie Aguerra Daniel. Setelah pembagian rapot kenaikan kelas bulan Juni, ketika sekolah sudah libur kenaikan kelas, tim tersebut didaftarkan dan dibimbing melalui program Ekstrakurikuler Technopreuner. Tahapan pembinaan dilakukan dimulai dari tahap persiapan desain, pembelian alat dan bahan, perakitan, pemrograman hingga ujicoba. Persiapan selanjutnya adalah latihan presentasi menggunakan Bahasa Inggris, dan terakhir pembuatan video kompetisi dalam Bahasa Inggris.

Perlombaan ini sasarannya adalah kalangan inivator yang diperlombakan secara daring dengan mengunggah video pada chanel youtube kemudian dilanjutkan penilaian oleh dewan juri. Oleh karena itu, para pembina menyiapkan kompetisi ini dengan baik. Hal ini merupakan pengalaman pertama mengikuti lomba I-RIA pada kategori Smart Devices Design pada tingkat Internasional. Dengan kemampuan tim Technopreuner SIKK yang memiliki konsistensi, daya juang, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, dan berwawasan global akhirnya dapat terlaksana dengan baik.

Berdasarkan keputusan dewan juri yang diunggah melalui YouTube pada tanggal 9 Agustus 2022 pada jam 09.15 MYT, tim Technopreuner SIKK memperoleh Gold Medal dengan judul “Smart UV Sterilizer”. Selain itu, tim tersebut memperoleh Special Award I-RIA dari Malaysia Young Scientist Organization (MYSO). Smart UV Sterilizer adalah sebuah alat otomatis berbasis arduino yang terinspirasi dari merbaknya wabah Covid-19. Alat tersebut merupakan model yang dikembangkan secara portable menggunakan tong sampah yang dimodifikasi.

Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, Debbi Oktarossa, menyampaikan apresiasi kepada tim SIKK atas prestasi yang kembali diraih. Menurutnya, KJRI Kota Kinabalu terus mendukung dan mendorong SIKK untuk terus berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan di tingkat nasional maupun internasional. Kompetisi ini digelar secara daring pada 12 – 22 Juli 2022 yang diumumkan hasilnya tanggal 9 Agustus 2022. “Prestasi ini adalah salah satu dari prestasi-prestasi lain yang diraih SIKK sepanjang tahun 2022, tambah Pensosbud melalui siaran pers, Rabu (10/8). 

Hasil dalam bidang akademik tersebut tidak lepas dari dukungan kepala divisi prestasi serta bimbingan guru mata pelajaran. Seusai menyaksikan pengumuman hasil lomba I-RIA 2022 tersebut, kepala sekolah, Bapak  Dadang Hermawan merasa bangga atas capaian tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, khususnya guru pembimbing Technopreuner yaitu Bapak Nayudin Hanif, S.Pd.,Gr. Kepala sekolah berharap, kompetisi kedepannya perlu dipersiapkan regenerasi kembali dari awal untuk program yang serupa agar potensi siswa yang ada dapat tergali dengan optimal. Pembinaan yang bersifat teoritis maupun praktik yang akan diterapkan perlu disusun dari aspek perencanaan agar lebih matang dan terukur.

KOMENTAR