MENU

Selamat, Tim SIKK Raih Medali Perak pada Ajang WSEEC 2022

Selamat, Tim SIKK Raih Medali Perak pada Ajang WSEEC 2022

Universitas Indonesia (UI) merupakan penyelenggara WSEEC (World Science Environment and Engineering Competition) untuk kedua kalinya pada tahun 2022. Sekolah ilmu lingkungan UI telah berhasil menyelenggarakan kompetisi internasional bersama mitranya Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang berhasil memamerkan lebih dari 280 produk karya peserta dari 23 negara yang berasal dari Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah hingga Sekolah Dasar. Melalui pendekatan pembelajaran abad 21 dan revolusi industeri 4.0, WSECC 2022 memiliki tujuan untuk menyediakan acara penemuan dan inovasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan jiwa kreatif bagi siswa berbakat khususnya di bidang sains, lingkungan, dan Teknik, serta mengembangkan keterampilan penelitian ilmiah dan minat dalam inovasi dan penemuan di kalangan siswa dan bertukar pengalaman penemuan dan inovasi melalui kesamaan kepentingan antara siswa tanpa memandang asal usul bangsaannya.

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) mencoba untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut dengan mengirimkan satu tim dari jenjang SMP-SMA yang beranggotakan Angelina Tri Ayuni Sinaga, M. Khoirul Izzan J.F., Robert Ananias Ikeng, Giran Nabila Srikaton, dan Rifanus Lukas Dewo. Sebelum pelaksanaan penilaian akhir tahun, melakukan persiapan pembuatan eco enzyme serta mendaftarkan dan membimbing secara intensif. Tahapan pembinaan dilakukan dimulai dari tahap persiapan pembuatan eco enzyme, pembelian alat dan bahan, pembuatan sabun, ujicoba hingga pembuatan presentasi. Persiapan selanjutnya adalah latihan presentasi menggunakan Bahasa Inggris, dan terakhir gladi bersih perlombaan dalam Bahasa Inggris.

Perlombaan ini sasarannya adalah kalangan inovator yang diperlombakan secara daring dengan presentasi langsung serta dilanjutkan dengan tanya jawab dan penilaian oleh dewan juri. Oleh karena itu, para pembina menyiapkan kompetisi ini dengan baik. Hal ini merupakan pengalaman pertama mengikuti lomba WSEEC pada kategori Environment pada tingkat Internasional. Dengan kemampuan tim SIKK yang memiliki konsistensi, daya juang, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, dan berwawasan global akhirnya dapat terlaksana dengan baik.

Berdasarkan keputusan dewan juri yang diunggah melalui YouTube pada tanggal 20 Juli 2022 pada jam 09.00 WIB, tim SIKK memperoleh Silver Medal dengan judul “ECOGROW: Ecoenzyme Liquid Innovation Products from Orange Peel as Multifunctional Future Liquid”. Ecoenzyme ini merupakan cairan serbaguna yang dikembangkan melalui proses fermentasi dari sampah organik kulit jeruk.

Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, Debbi Oktarossa, menyampaikan apresiasi kepada tim SIKK atas prestasi yang kembali diraih. Menurutnya, KJRI Kota Kinabalu terus mendukung dan mendorong SIKK untuk terus berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan di tingkat nasional maupun internasional. Kompetisi ini digelar secara daring pada 17 – 19 Juli 2022 yang diumumkan hasilnya tanggal 20 Juli 2022. “Prestasi ini adalah salah satu dari prestasi-prestasi lain yang diraih SIKK sepanjang tahun 2022, tambah Pensosbud melalui siaran pers, Kamis (21/7). 

Hasil dalam bidang akademik tersebut tidak lepas dari dukungan kepala divisi prestasi serta bimbingan guru mata pelajaran. Seusai menyaksikan pengumuman hasil lomba WSEEC 2022 tersebut, kepala sekolah, Bapak  Dadang Hermawan merasa bangga atas capaian tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, khususnya guru pembimbing yaitu Bapak Nayudin Hanif, S.Pd.,Gr. Kepala sekolah berharap, kompetisi kedepannya perlu dipersiapkan regenerasi kembali dari awal untuk program yang serupa agar potensi siswa yang ada dapat tergali dengan optimal. Pembinaan yang bersifat teoritis maupun praktik yang akan diterapkan perlu disusun dari aspek perencanaan agar lebih matang dan terukur.

KOMENTAR